Makam Raja Jumat dan Makam Raja Muda Yusuf Riau

0 135

Lokasi Makam Raja Jumat dan Makam Raja Muda Yusuf

Makam Raja Jumat dan Makam Raja Muda Yusuf terletak di Jalan Kampung Pulau, Kel. Kampung Pulau, Kec. Rengat , Kab. Indragiri Hulu, Riau.

Makam Raja Jumat dan Makam Raja Muda Yusuf

Raja Muda Jumahat (Marhum Jumat) adalah seorang Raja Muda Indragiri semasa Sultan Indragiri ke-21 Raja Said gelar Sultan Said Modayat Syah. Memerintah Kesultanan Indragiri pada tahun + 1838 – 1876 M dan sebagai panglimanya ketika itu adalah “Tengku Sulung”. Beberapa sumber menyebutkan bahwa semasa pemerintahan Sultan Said Modayat Syah terjadi kudeta kekuasaaan, terjadi pertikaian antara Raja Muda dan Sultan. Sehingga Raja Muda Jumahat saudaranya sendiri dijadikan musuh. “Tengku Sulung” selaku panglimapun dijadikan musuh.

Untuk menyelesaikan perselisihannya bersama Raja Muda “Jumahat”, maka Raja Said gelar Sultan Said Modayat Syah minta bantuan Belanda dengan perjanjian kontrak politik yang dinamakan “Traktaat Van Vride And Vreiendschap” pada tanggal 27 September 1838. Raja Muda Raja Jumahat Supletoir Contract tanggal 13 Januari + 1843 – 1858 M. Kemudian diperpanjang sampai 14 Juli 1858 oleh Residen Riau Carel Vrederick Goldman tanggal 10 Mei 1893 oleh Residen Peter Jean Batiste The Perez.

Sedangkan Raja Muda Yusuf adalah seorang Raja Muda semasa Sultan Indragiri ke-24 (dua puluh empat), dan sebagai Sultan adalah Tengku Isa gelar Sultan Isa Mudayat Syah dinobatkan menjadi Raja pada tanggal 6 September 1887 – 1902 M. Dengan Raja Muda yang bernama Raja Yusuf dan Residen Riau adalah Antonie Renricgys Bertus Blokzil. Kemudian dari tahun 1902 sampai 1912 diadakan pemangku oleh Raja Muda Indragiri yang dipangku oleh Raja Uwok.

Makam Raja Jumaat dan Raja Muhammad Yusuf berada dalam area kompleks pemakaman yang diberi pagar keliling BRC. Jumlah makam yang berada di kompleks ini sekitar 34 buah makam. Makam Raja Jumaat dan Raja Muhammad Yusuf berada dalam cungkup beratap seng. Dalam cungkup ini terdapat 3 (tiga) buah makam, ketiga makam berjirat dari keramik putih berukuran 20 cm x 10 cm. Makam Raja Jumaat berada di sisi barat dengan nisan terbuat dari batu andesit berbentuk tipe Riau (gada oktagonal/segi 8). Ukuran nisan kepala tinggi 90 cm dan lebar 21 cm, sedangkan ukuran nisan kaki tinggi 84 cm dan lebar 21 cm. Makam Raja Muhammad Yusuf berada di tengah dengan nisan terbuat dari kayu ulin berbentuk gada segi 4. Ukuran nisan kepala panjang 77 cm dan lebar 14 cm, sedangkan ukuran nisan kaki panjang 29 cm (bagian kaki nisan patah) dan lebar 13 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/07/02/makam-raja-jumat-dan-makam-raja-muda-yusuf/
Comments
Loading...