Makam Raja Bill Nope

0 69

Makam Raja Bill Nope

Secara Administrasi Situs Makam Raja Bill Nope berada di Desa Niki-niki, Kecamatan Amanuban, Kabupaten TTS, Provinsi NTT. secara Geografis berada pada koordinat 51 L 0661534, 8914440 UTM. Situs ini memiliki Luas lahan 1 Hektar dengan Batas-batas, Utara : Ladang, Timur : Jalan, Selatan : Rumah Keluarga Bill Nope, Barat : Desa Bone. Latar Budaya dari Situs Makam Raja Bill Nope ini adalah Masa Kolonial, status kepemilikan di miliki oleh Keluarga Bill Nope, dan dikelola oleh Keluarga Bill Nope.

Deskripsi Situs : Perang Timor pecah pada tahun 1905, yang diserang oleh kolonial Belanda.Tempat pertama di wilayah Timor yang dimasuki tentara Belanda adalah kampung bi kau niki karenadi tempat itu berkumpul para Raja Timor dengan para Amaf dengan mengatur strategi perlawanan bila perang tiba. Tempat berikutnya yang diserang dan terjadi pertempuran sengit adalah di Kolbano. Pihak sekutu berhadapan dengan Raja Boi Kapitan, Esa Taneo, dan Pehe Neolaka tahun 1907.

Selanjutnya para Raja lari berhamburan dan membantuk kekuatan untuk melawan penjajah, mencari tempat perlindungan dan membentuk benteng pertahanan. Pada abad ke 18 lebih kurang tahun 1866 sebelum terjadi peperangan atau sebelum kota niki-niki itu diserang oleh penjajah maka ada dua kubu di Amanuban (AmaNuban adalah salah satu wilayah kekuasaan) di Timor yang mana ke dua kubu besar ini akan melakukan voting atau ujian untuk menentukan siapa yang akan menduduki tahta keRajaan amaNuban yang berpusat di Tunbes dan kemudian dibawa ke Niki-Niki, yaitu kubu yang menamakan dirinya Suku Nuban dan kubu lain yang disebut Nope.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/inventarisasi-dan-pendokumentasian-objek-yang-diduga-cagar-budaya-di-kabupaten-timor-tengah-selatan-nusa-tenggara-timur/
Comments
Loading...