Makam Raden Saleh Bogor

0 294

Lokasi Makam Raden Saleh

Makam Raden Saleh terletak di Gang Raden Saleh, Jl. Pahlawan Bogor, Jawa Barat. 

Makam Raden Saleh

Makam Raden Saleh ini sempat ‘hilang’ selama kurun waktu tertentu, sebelum ditemukan kembali pada tahun 1923 oleh Mas Adoeng Wirjaatmadja, yang kemudian merawat tempat itu secara sukarela hingga tahun 1990-an. Area Makam Raden Saleh ini terlihat cukup rapi dan terawat baik setelah dipugar untuk kedua kalinya dengan dana yang berasal dari Galeri Nasional Jakarta, dan peresmiannya berlangsung pada 30 April 2008, bertepatan dengan peringatan dua ratus tahun Raden Saleh.

Penampakan Makam Raden Saleh dari luar pagar yang saat itu masih digembok. Makam ini pertama kali dipugar pada tahun 1953 atas perintah Presiden Soekarno, dengan rancangan yang dibuat oleh arsitek Bogor kelahiran Bonandolok, Tapanuli, mendiang Friedrich Silaban, yang juga perancang Masjid Istiqlal, Jakarta. Lokasi Makam Raden Saleh letaknya berdampingan dengan istri keduanya yang bernama Raden Ayu Danurejo. Istri pertamanya, seorang perempuan keturunan Belanda bernama Constancia Winkelhagen, dinikahinya pada 1856, namun kemudian mereka bercerai.

Akses Menuju Makam Raden Saleh

Dari terminal Baranangsiang naik angkot No. 06 atau 13, turun di Bogor Trade Mall, dilanjutkan dengan naik angkot No. 04 ke arah Rancamaya, turun di Gang Apu yang letaknya persis di seberang Gang Makam Raden Saleh.

Source Makam Raden Saleh Bogor Bogor
Comments
Loading...