Makam Putih Tanjungpinang

0 23

Makam Putih

Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai siapa tokoh yang dimakamkan pada makam ini. Makam ini berada di lokasi rencana pembangunan perumahan, letaknya berada di daerah ketinggian dan berseberangan dengan Makam Panglima Hitam atau pada arah utara dari Makam Panglima Hitam. Makam ini memiliki dua buah nisan dan tanpa jirat, saat ini telah diberi cungkup yang terbuat dari kayu dengan atap seng. Nisan pada makam ini memiliki nilai arkeologis yang tinggi, karena nisannya merupakan salah satu nisan tipe Aceh yang berkembang pada sekitar abad ke 17 – 18 M.

Nisan berbentuk silinder dengan motif hias berupa bunga teratai pada bagian kepala, pada bagian tubuhnya diberi motif hias garis yang membujur dari atas ke bawah yang dibagian bawahnya diakhiri dengan motif hias berbentuk kelopak bunga, dibagian bawah dari tubuh nisan terdapat motif bunga lotus yang diantara bunga-bunga lotus tersebut diberi motif jaring. Bagian kaki nisan terdapat motif hias berbentuk perbingkaian yang dikombinasikan dengan antefiks, bagian kaki nisan berbentuk persegi tidak sama dengan bagian tubuhnya yang memiliki bentuk silinder.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Tanjung-Pinang.pdf
Comments
Loading...