Makam Petta Soppo Batu

0 56

Makam Petta Soppo Batu

Makam Petta Soppo Batu terletak di dusun 5 desa Bulu Cenrana Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan. Lokasi makam tersebut terletak di koordinat S 03.49.673″, E 119. 57.957″ dan berada diketinggian 72 meter diatas permukaan laut. Dilihat dari kondisi makamnya yang diperkirakan berumur sekitar lebih dari 200 tahun dengan batu nisannya terdiri dari dua dengan bahan dasarnya adalah batuan andesit berwarna hitam, putih karena lumut dan krem.

Orientasi makam menghadap utara selatan menempati areal dengan luas kurang lebih 2 hektar di atas bukit yang ditumbuhi semak-semak dan hutan rakyat. jarak lokasi situs ini ke desa Bulu Cenrana sekitar 2 kilo ke arah barat sedangkan jarak dari ibukota kabupaten skitar 30 kilometer. Petta Soppo Batu adalah seorang Raja yang memerintah di kerajaan Bulu Cenrana yang merupakan kerajaan bawahan dari Kerajaan Sidenreng. Petta Soppo Batu mempunyai hubungan kekerabatan yang dekat dengan kerajaan Kulo yang sekarang menjadi daerah distrik kecamatan Kulo di Kabupaten Sidrap.

Dari silsilah keturunan Petta Soppo Batu mempunyai hubungan tali kekeluargaan dengan kerajaan Bone, Wajo dan Enrekang dalam hal ini kerajaan Maiwa ( Maroangnging ). Beliau memerintah di kerajaan Bulu Cenrana sekitar abad ke-19 atau tahun 1800 yang satu zaman dengan saudara sepupunya yaitu Arung Kulo La Makarodda. Selama memerintah beliau dikenal sebagai pemimpin yang bijak dan aspiratif kepada rakyatnya sehingga terjadinya hubungan yang harmonis antara pihak kerajaan dan rakyat.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2016-08-11T23:10:00-07:00&max-results=1&start=13&by-date=false
Comments
Loading...