Makam Perang Jakarta

0 286

Lokasi Makam Perang Jakarta

Makam Perang Jakarta terletak di Menteng Pulo, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Makam Perang Jakarta

Makam Perang Jakarta, atau Jakarta War Cemetery. Bagian atas Makam Perang Jakarta ini menjadi kubur Indian Army Medical Corps, Indian Pioneer Corps, Royal Indian Army Service Corps, dan 8th Punjab Regiment. Pada tugu tertulis ‘Pakistan” serta “Indian Forces‘ dan ‘1939 – 1945’. Angka tahun menandai periode gugurnya tentara di berbagai medan pertempuran sejak Jepang menginvasi Hindia Belanda sampai Tentara Sekutu masuk setelah Jepang menyerah. Siapapun yang berkunjung ke Makam Perang Jakarta ini pasti dibuat kagum. Area makam sangat elegan, rapi, asri, dan terawat sangat baik.

Di belakang tugu terdapat bangunan kecil yang menjadi gerbang utama Makam Perang Jakarta, dimana terdapat tengara bagi tentara yang tewas serta riwayat Perang Pasifik di wilayah Hindia Belanda. Di sebelah kanan, bagian terluas Makam Perang Jakarta terlihat sangat rapi dan asri. Saya rasa siapa pun akan merasa senang menjadi penghuni kubur di tempat ini, demikian pula keluarganya.

Sekuntum bunga terlihat di kubur Prajurit dari Batalion Senapan Mesin Australian Imperial Force yang meninggal pada 21 Juli 1944 dalam usia 37 tahun. Kubur di sini berjumlah 1.181, terdiri dari AL 105, AD 783, AU 271, Awak Kapal Dagang 12, Polisi Malaya dll 10. Mereka berasal dari Inggris 715 orang, India 304, Australia 96, Kanada 4, Selandia Baru 2, Afrika Selatan 1, Birma 1, Malaya 22, dan 36 warga Sekutu lainnya. Yang kuburnya tak diketahui dibuat Tugu Peringatan di pangkalan asal mereka.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/makam-perang-jakarta/
Comments
Loading...