Makam Panjang di Teluk Bintan Kepulauan Riau

0 88

Makam Panjang di Teluk Bintan

Ketika masih berada di Pulau Pengujian Makam Panjang merupakan kuburan massal pahlawan-pahlawan Melayu pada saat berperang menentang Portugis di Bintan pada tahun 1526. Ketika perang terjadi dua buah perahu yang berisi pahlawan perang Melayu terbakar. Mereka hanyut ke pantai Pulau Pengujian, karena jenazah tidak dapat dikenali, maka masyarakat mengubur bersama-sama jenazah tersebut dekat pantai pulau Pengujian.

Pada saat dipindahkan ke Bukitbatu nama makam ini masih disebut sebagai Makam Panjang. Salah satu makam panjang yang telah dipindahkan ke Bukitbatu merupakan Makam Raja Hitam suami dari Megat Sri Rama. Sedikit ada perbedaan sejarah karena Raja Hitam berasal dari tahun 1100, sedangkan peperangan Kerajaan Malaka dengan Portugis terjadi sekitar tahun 1500. Menurut informasi makam ini awalnya memiliki ukuran 20 meter, namun sekarang sudah diperpendek menjadi 2,15 meter. Pemindahan makam ini dari Pulau Pengujian ke Bukit Batu di lakukan pada tahun tahun 1952.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/makam-panjang-di-teluk-bintan/
Comments
Loading...