Makam Panglima Minal Raiu

0 53

Lokasi Makam Panglima Minal

Makam Panglima Minal terletak di Bengkalis, Riau.

Makam Panglima Minal

Menurut Catatan Sejarah Panglima Minal, Meninggal Sekitar Tahun 1700 M. Pada Masa Pemerintahan Sultan Siak Jalil Rahmad Syah. Panglima Minal ini merupakan salah sorang panglima Kerajaan Siak yang bertugas menjaga keamanan di Selat Bengkalis.

Makam Panglima minal terletak di kompleks pemakaman keluarga yang di sekitarnya terdapat ladang yang ditumbuhi oleh pohon durian. Lokasinya bejarak kurang lebih 150 meter dari jalan raya Panglima Minal dan berjarak 3 km dari pasar Bengkalis. Makam Panglima Minal dan istrinya terletak dalam satu jirat. Nisan pada makam tersebut berjumlah empat buah (dua Pasang ). Nisan pada makam ini terdiri dari dua bentuk. Nisan pertama berbentuk bulat untuk pria dan nisan yang kedua berbentuk pipih untuk wanita Ukurran tinggi nisan adalah 0,65 m. Jirat makam terbuat dari bahan porselin berwarna biru muda. Menurut masyarakat setempat makam Panglima minal selalu dikunjungi para pesiarah dari berbagai daerah untuk meminta berkah pada hari-hari tertentu.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/10/19/makam-panglima-minal/
Comments
Loading...