Makam Pangeran Sanghyang Jakarta

0 192

Lokasi Makam Pangeran Sanghyang

Makam Pangeran Sanghyang terletak di Jl. Jatinegara Kaum No.55, RT.6/RW.3, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13250.

Makam Pangeran Sanghyang

Pangeran Sanghyang (Raden Syarif bin Pangeran Senopati Ngalaga) adalah seorang tokoh Islam keturunan Bangsawan Banten. Ia berjuang melawan Belanda bersama Pangeran Tubagus Badaruddin dan tokoh-tokoh Banten lainnya. Menurut riwayat, Pangeran Sanghyang dibuang oleh VOC ke Sri Lanka pada 1746 – 1750, sekira seabad setelah kedatangan Pangeran Sageri ke Jatinegara Kaum.

Bangunan berukuran 8×7 meter di ujung itu adalah cungkup Makam Pangeran Sanghyang. Di sebelah kanan ada bangunan bercat hijau yang berfungsi sebagai musholla dan kantor kuncen yang saat itu tengah tertidur pulas. Saat itu bulan puasa dan matahari baru naik sepenggalah. Jam enak-enaknya tidur. Pohon-pohon kamboja dengan batang sangat tua menghiasi pekarangan di sisi kanan kompleks. Beberapa kubur tua tanpa nama bisa dijumpai di sisi ini. Tidak ada kubur baru di kompleks makam, sebagaimana dituturkan Amin, petugas kebersihan yang muncul sesaat sebelum saya meninggalkan lokasi.

Pada kaca cungkup Makam Pangeran Sanghyang menempel foto kuncen berkumis baplang bernama R. H. Upi Supriyadi. Tulisan di bawah fotonya menyebutkan bahwa ia adalah seorang pemerhati Cagar Budaya, serta ada tulisan yang menyatakan bahwa walaupun beberapa kali dilakukan renovasi, tetapi bentuk makam terus dipertahankan. Di sebelah kiri cungkup makam terdapat Makam Tubagus Unung bin Tubagus Aslan. Tidak diketahui siapa orang ini, selain bahwa ia seorang bangsawan Banten. Di sebelah kanan cungkup terdapat sebuah kubur lagi dengan tulisan Raden Kojong pada nisannya.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2017/12/makam-pangeran-sanghyang-jakarta-timur.html
Comments
Loading...