Makam Pangeran Muhammad Majalengka

0 168

Lokasi Makam Pangeran Muhammad

Makam Pangeran Muhammad terletak di Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45418.

Makam Pangeran Muhammad

Pangeran Muhamad meninggal pada tahun 1546 dan dimakamkan di tempat ini. Versi lain kendatangan Pangeran Muhamad ke Majalengka adalah untuk mencari pohon maja yang akan dijadikan obat di Cirebon. Makam Pangeran Muhamad menempati areal seluas sekitar 4150 m2. Areal ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu halaman parkir, halaman yang berisi makam-makam juru kunci, dan makam Pangeran Muhamad.

Makam Pangeran Muhamad terletak di bagian paling belakang atau paling utara. Makam ditempatkan dalam satu cungkup permanen berukuran 5 x 6 m, berlantai keramik putih, beratap genting. Makam ditandai dengan adanya jirat dan dua nisan yang terletak di bagian utara dan selatan jirat. Jirat Makam Pangeran Muhammad ini berupa bangunan berdenah segi empat berteras tiga.

Jirat dibuat dari bahan permanen dengan permukaan dilapisi keramik. Nisan dibuat dari batu pipih dengan bentuk dasar segi empat dan pada bagian atas berbentuk undakan yang diakhiri bentuk rata pada bagian atasnya. Makam ditutupi dengan kelambu berwarna putih yang disangga empat tiang besi.

Source Makam Pangeran Muhammad Majalengka Jawa Barat
Comments
Loading...