situsbudaya.id

Makam Pangeran Jayakarta Jakarta

0 92

Lokasi Makam Pangeran Jayakarta

Makam Pangeran Jayakarta terletak di Jalan Jatinegara Kaum No.49 RT. 003/RW. 003, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, RT.6/RW.3, RT.6/RW.3, Jatinegara Kaum, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13250.

Makam Pangeran Jayakarta

Area dimana cungkup Makam Pangeran Jayakarta berada, dinaungi sebuah pohon beringin yang ukurannya sungguh luar biasa besar. Di samping pohon terdapat lambang Kodam Jaya bertulis “Jayakarta” dengan kepak 24 sayap dan sebatang pohon kelapa serta prasasti yang ditandatangani Pengdam Jaya untuk mengenang perjuangan Pangeran Jayakarta. Pangeran Jayakarta mengusir Jan Pieterszoon Coen dan tentara VOC-nya dari Jayakarta dalam suatu perselisihan dagang yang bermula pada 1610, namun Coen kembali dengan membawa tentara dari Ambon dan mengalahkan Pangeran Jayakarta pada 1619. Coen merubah nama Jayakarta menjadi Batavia. Jepang kemudian merubah namanya menjadi Jakarta.

Pandangan pada Makam Pangeran Jayakarta dengan nisan diapit dua buah guci berbeda bentuk dan warna yang cukup indah. Pada bagian tengah makamnya dipenuhi dengan bunga yang ditabur oleh para peziarah yang datang sebelumnya. Yang unik adalah adanya beberapa batang rokok yang diletakkan di badan makam, satu diantaranya telah dibakar.

Jika nisan pada bagian kepala makam masih tampak utuh, maka nisan pada bagian kaki sayangnya telah rompal atau pecah di sayap kirinya. Pada nisan terdapat tulisan “Pangeran Achmad Djaketra”. Konon makam ini telah disembunyikan selama lebih dari tiga ratus tahun, karena khawatir akan dihancurkan oleh Belanda agar tidak menjadi inspirasi bagi gerakan perlawana.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2017/12/makam-pangeran-jayakarta-jakarta-timur.html
Comments
Loading...