Makam Pahlawan Seribu Serpong Banten

0 224

Lokasi Makam Pahlawan Seribu Serpong

Makam Pahlawan Seribu Serpong terletak di Jl. Raya Serpong Jalan Raya Puspitek, Kademangan, Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314.

Makam Pahlawan Seribu Serpong

Situs cagar budaya Makam Pahlawan Seribu Serpong merupakan salah satu Situs Cagar Budaya Kota Banten. Situs Makam Pahlawan Seribu Serpong sangat berhubungan erat dengan sejarah bangsa Indonesia sendiri, secara garis besarnya Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945, tetapi di daerah Serpong masih di duduki oleh tentara NICA (Nederlands Indies Civil Administration).

Saat ini masyarakat lebih mengenal tempat ini dengan nama Seribu Serpong. Meski namanya “Seribu Serpong”, bukan berarti ada 1.000 makam pahlawan yang ada di TMP yang memiliki luas 9.835 m2 ini.

Hanya ada 238 makam pahlawan yang ada di sini, ditambah dua makam lagi, sehingga total semuanya adalah 240 makam. Seluruh makam seperti berseragam, di-cat warna putih dengan sedikit warna merah pada bagian atas kayu nisan, sebagai perlambang bendera merah putih. Diwarna yang gagah berani mereka perjuangkan hingga titik darah penghabisan.

Makna dari kata ‘Seribu’ itu bukan berarti ada seribu makam pahlawan yang ada di sini. Seribu itu diambil dari teriakan kalimat penggelora semangat perjuangan dalam menghadapi penjajah Belanda.

Yaitu, dari kata ‘Serbu’. Tapi, ada juga yang menyatakan, ‘Seribu’ itu menjadi pilihan kata yang paling tepat, untuk menggambarkan secara simbolis betapa banyak jumlah warga masyarakat Banten yang ikut berjuang melawan penjajahan Belanda pada waktu itu. Termasuk, banyak pula yang gugur di medan peperangan tersebut.

Source Makam Pahlawan Seribu Serpong Banten Banten
Comments
Loading...