Makam Pahlawan Raja Alam Sultan Alimuddin

0 94

Makam Pahlawan Raja Alam Sultan Alimuddin

Makam Pahlawan Raja Alam Sultan Alimuddin putra Amiril Mukmini, Raja Berau ke-XVI yang memerintah pada tahun 1810-1848 di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk berziarah.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Saprudin Ithur, menjelaskan ziarah makam merupakan salah satu tradisi pada masyarakat setiap ada hari besar tiba. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang selalu menyempatkan untuk berziarah ke makam sanak keluarganya.

Namun kondisi tersebut berbeda dengan wilayah pesisir Selatan Berau terdapat makam pahlawan Raja Alam yang selalu dikunjungi.

“Makam tersebut tidak terlalu luas, namun tetap terlihat terawat dan bersih. Wisatawan yang berkunjung ke sana dapat meminta bantuan masyarakat sekitar untuk memberi petunjuk. Akses untuk menuju ke sana juga mudah,” ungkap Saprudin.

Ia juga menjelaskan  Makam Raja Alam tersebut merupakan salah satu wisata religi yang dapat di temui di Kecamatan Batu Putih, selain wisata religi wisatawan yang berkunjung ke sana juga dapat mengetahui sejarah apa saja yang ada di sana.

“Selain wisata bahari Kabupaten Berau sangat kaya dengan berbagai macam wisata sejarahnya, dan semua ini harus tetap dijaga karena Berau,” ujarnya.

Sedikit dijelaskannya, 1855 menjadi catatan sejarah Kalimantan. Armada laut milik pernah melakukan pertempuran laut yang terjadi di perairan Tanjung Mangkaliat, dan perairan Tanjung Karang Tigau (Tanjung Batu). Armada laut Belanda yang dipimpin oleh Kapten Anamaet yang memiliki kekuatan berbagai jenis kapal Korvet, Heldin, Briksiwa, Krokodil, Kastor, dan  Kruispraauw No 18 serta beberapa perahu pendarat.

“Itu juga sebagai bukti di Berau juga ada makam raja  Kalimantan yang memiliki armada laut yang tangguh,” pungkasnya.

Source http://berau.prokal.co http://berau.prokal.co/read/news/41361-wisata-bersejarah-makam-raja-alam
Comments
Loading...