Makam Pahlawan Fotilo

0 39

Makam Pahlawan Fotilo

Secara Administrasi Situs ini berada di Desa Lila, Kecamatan Amatun Utara, Kabupaten TTS, Provinsi NTT. Secara Geografis Situs ini berada di titik Koordinat 51 L 0688869, 8936880 UTM, dan luas lahan 1 Hektar dengan Batas-batas, Utara : Makam, Timur : Makam, Selatan : Makam, Barat : Makam. Latar Budaya Situs merupakan masa Kolonial, jenis pemakaman, dimiliki oleh masyarakat, dan dikelola oleh masyarakat.

Deskripsi Situs : Makam Pahlawan Sekitafuli ini berada di areal pemakaman umum. Struktur ini berbentuk limas yang terdiri dari bagian dasar, badan dan atap. pada bagian atap terdapat patung yang merupakan perlambangan dari Pahlawan Sekitafuli. Menurut cerita rakyat setempat, bahwa setelah Sekitafuli ini melakukan penembakan terhadap elanda, dia melarikan diri ke daerah ini dengan kuda. Sekitafuli meninggal di daerah ini karena sakit, dan seluruh keluarganya dibantai oleh Belanda dan di makamkan di Kuburan Masal di Desa Fotilo. Makam ini memiliki hubungan erat dengan Benteng Pertahanan yang terdapat di Desa Fotilo. Makam ini memiliki ukuran, Diameter Lingkaran : 380 cm, Tinggi keseluruhan : 250 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbali/inventarisasi-dan-pendokumentasian-objek-yang-diduga-cagar-budaya-di-kabupaten-timor-tengah-selatan-nusa-tenggara-timur/
Comments
Loading...