Makam Nahkoda Ragam di Teluk Bintan Kepulauan Riau

0 80

Makam Nahkoda Ragam di Teluk Bintan

Nakhoda Ragam adalah salah satu tokoh dalam khasanah sejarah Kerajaan Melayu Bentan. Nakhoda Ragam adalah tokoh yang berasal dari Brunei Darussalam yakni Sultan Bolqiah, sultan Brunei yang ke-5 yang memerintah dalam kurun waktu 1485-1524.

Nakhoda Sekam adalah salah seorang laksamana dari Raja Kecil, dalam sebuah peperangan diceritakan bahwa Raja Kecil memerintahkan Laksamana Nakhoda Sekam untuk menyusul dan menawan Raja Abdul Jalil. Dengan berat hati Nakhoda Sekam melaksanakan perintah Raja Kecil, keesokan harinya selesai sholat subuh Nakhoda Sekam menebas leher Raja Abdul Jalil, sementara di perahu yang lain pasukan dari Nakhoda Sekam menyerang anak-anak Raja Abdul Jalil yaitu aja Sulaiman, Tengku Busu (istri Raja Kecil), Tengku Tengah, Raja Abdul Rachman, dan Raja Muhammad.

Makam ini terletak di lereng Bukit Jakas, berjarak kurang lebih 400 m dari makam Malim Dewa. Makam ini berada dalam satu jirat yang jirat ini merupakan jirat yang dibuat kemudian oleh masyarakat yang menemukan makam Nakhoda Ragam dan Nakhoda Sekam. Nisan makam ini terbuat dari bahan batu tanpa ada pengerjaan, perbedaan dari nisan yang dimiliki oleh kedua makam ini terletak dari ukurrannya, makam Nakhoda Ragam memiliki ukuran nisan yang lebih besar dibandingkan dengan nisan Nakhoda Sekam.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/makam-nahkoda-ragam-di-teluk-bintan/
Comments
Loading...