Makam Mufti Riau

0 91

Lokasi Makam Mufti

Makam Mufti terletak di Jl. Narasinga, Desa. Kampung Jawa, Kel. Rantau Mapesan, Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu. Riau.

Makam Mufti

Makam mufti Kerajaan Indragiri ini adalah makam Said Ali Alaydrus yang menjadi mufti pada masa Sultan Hasan (sultan ke XVI) Kerajaan Indragiri. Adapun peran mufti pada masa itu adalah sebagai: pejabat, penasehat raja dibidang keagamaan. Adapun periodesasi jabatan yang Beliau duduki ini diperkirakan pada abad ke XVII. Selain sebagai mufti Beliau juga dikenal sebagai ulama dan tokoh penyebar agama Islam di Indragiri.

Secara umum, pada areal makam Beliau ini (masih dalam satu pagar) terdapat 3 (tiga) buah makam lainnya. Pada areal luar pagar, masih banyak terdapat makam-makam lainnya yang diperkirakan makam keluarga dan kerabat-kerabat Beliau. Kompleks Makam ini pernah direhab oleh Pemda Kab. Indragiri Hulu khususnya pada bagian pagar dan jelan setapak pada tahun 2006. Makam ini ramai dikunjungi (ziarah) pada bulan-bulan tertentu.

Makam Mufti Kerajaan Indragiri berada dalam pagar tembok keliling. dalam tembok tersebut terdapat 3 buah makam, yaitu Makam Mufti Ali Idrus, Makam Istri Mufti Ali Idrus, dan Makam Maryam. Makam Maryam ini belum jelas siapa tokoh tersebut. Semua makam berjirat sederhana yang terbuat dari bata berplester semen. Jirat ini merupakan jirat baru. Nisan makam terbuat dari batu. Nisan makam Mufti ali Idrus terbuat dari batu andesit bertipe nisan Riau pada umumnya, yaitu berbentuk gada segi delapan tanpa motif hias. Sementara makam istri Mufti ali Idrus terbuat dari batu andesit dan berbentuk pipih tanpa motif hias juga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/10/04/kompleks-makam-mufti-kerajaan-indragiri-said-ali-al-idrus/
Comments
Loading...