Makam Megat Kuning Kab. Lingga

0 24

Makam Megat Kuning

Bentang lahan situs berbentuk empat persegi panjang berukuran 14 m x 12,5 m yang merupakan lahan yang sudah dibersihkan dari pepohonan dan semak belukar. Makam Megat Kuning tidak berjirat. Nisan dari batu andesit ditutup kain kuning. Di permukaan makam ditaburi kerekel bouxit dan sekelilingnya dengan batu-batu bauksit. Di sekitar makam tumbuh pohon mentangon, tiup-tiup, dan semak. Sudah dilengkapi dengan selter 3 buah bercat warna kuning. Ada guci di bagian kaki makam.Bangunan makam berupa tanah datar dan dibiarkan terbuka (tanpa cungkup) dengan jirat dari tatanan batu kali dengan panjang 4,88m dan lebar 2m. Nisan makam berupa dua (2) buah batu kali yang ditanam arah utara – selatan. Di luar jirat makam terdapat tiga(3) buah bangunan dari semen, terbuka dan beratap seng melingkar mengelilingi makam membentuk huruf U. Bangunan ini merupakan tempat untuk berziarah.

Di lokasi makam 3 bangunan peneduh (selter) pada sisi makam (sisi timur, selatan dan utara) dengan posisi membentuk huruf U dengan selter saling terpisah satu sama lainnya. Atap selter terbuat dari seng, dinding terbuka dan tiang-tiang selter terbuat dari kayu sebanyaak 12 buah dengan ukuran 8×8 cm, tinggi tiang rata-rata 227 cm. Pondasi tiang terbuat dari beton masing-masing selter 4 buah sebagai sandi/umpak tiang selter ukuran 62 x 62 cm dan tinggi pondasi 43,5 cm. Jumlah sandi/umpak seluruhnya 12 buah. Paada ujung tiang-tiang selter diberi atap berbentuk kerucut. Warna dominan pada bangunan selter kuning. Nisan terbuat dari batu tanpa pengerjaan. Tinggi nisan 20 cm lebar 13 cm. Jirat makam dibuat dari batu yang disusun berbentuk persegi panjang ukuran 488 cm x 200 cm. Pada jirat sisi barat terdapat gentong (tempayan) dengan ukuran bibir tempayan 23 cm, diameter 32 cm, tinggi tempayan 42 cm. Jarak antar nisan depan dan belakang 310 cm. Lokasi situs dikelilingi oleh parit empat persegi panjang ukuran 12, 80 m x 14, 40 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...