Makam Mbah Reso

0 117

Makam Mbah Reso

Di daerah Malang selatan banyak sekali tersebar makam atau petilasan tokoh-tokoh yang kemudian dijadikan jujugan wisata religi bagi warga masyarakat. Salah satunya adalah Makam Mbah Reso yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Mbah Reso sendiri diyakini merupakan seorang prajurit dari Mataram yang ikut berperang melawan Kompeni Belanda pada masa perjuangan Pangeran Diponegoro. Setelah sang pemimpin tertangkap oleh jebakan Belanda, banyak pasukannya yang melarikan diri ke arah timur dan tak sedikit pula yang akhirnya sampai ke wilayah Kabupaten Malang. Salah satunya adalah Mbah Reso yang menetap di Desa Jenggolo, Kecamatan Kepanjen. Karena ilmu dan kemampuan yang dimilikinya, maka Mbah Reso dijadikan sebagai seorang tokoh penting desa tersebut.

Makam Mbah Reso ini cukup unik karena tak berada di tempat khusus seperti makam-makam keramat lainnya. Makam tersebut berada di dalam pemakaman umum Desa Jenggolo bersanding dengan makam-makam ‘orang biasa’ lainnya. Namun, oleh warga desa setempat makam yang dikeramatkan ini sudah diberi penanda agar tampak berbeda dengan makam sekitarnya. Di atas Makam Mbah Reso dibuatkan pagar beratap sederhana yang terbuat dari kayu. Meski sederhana, penanda tersebut sangat penting untuk menandai makam agar bisa dibedakan dengan makam lainnya.

Warga Desa Jenggolo sangat menghormati Mbah Reso sebagai tokoh masyarakat setempat. Tak heran jika beberapa kegiatan religi rutin dilakukan di makamnya. Misalnya seperti acara khataman atau pembacaan ayat suci Al Quran di makam setiap hari Jum’at Kliwon dan Jum’at Legi. Selain itu, ada pula acara-acara keagamaan lainnya.

Pengelola makam juga mempersilakan warga luar desa untuk melakukan ziarah wisata religi ke Makam Mbah Reso. Tak perlu khawatir, khusus untuk para peziarah disediakan beberapa fasilitas, seperti toa, lampu, beserta listriknya. Mereka yang sampai ingin bermalam pun tak perlu bingung mencari penginapan, karena di area makam disediakan alas untuk beristirahat. Namun, ada hal yang sangat penting untuk diingat, Anda harus berwudhu terlebih dahulu sebagai syarat wajib yang harus dilakukan sebelum berziarah di Makam Mbah Reso.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2017/06/18/makam-mbah-reso-wisata-religi-di-desa-jenggolo/
Comments
Loading...