Makam Mbah Pathok

0 38

Makam Mbah Pathok

Di daerah Songgoriti, Kota Batu terdapat sebuah makam yang dikenal dengan nama Makam Mbah Pathok. Wisata sejarah ini terletak di Jalan Arumdalu Permai, Songgoriti.

Konon, makam tersebut disebut Mbah Pathok karena dulunya makam tersebut hanya berupa dua batu nisan yang menyerupai pathok tanah. Kemudian, untuk melindungi makam ini dibuatkanlah bangunan sederhana. Area makam Mbah Pathok ini berukuran sekitar 72 meter persegi. Bangunan pelindung makam tersebut dibagi dua bagian. Ruangan pertama khusus untuk menampung tamu yang datang. Kapasitasnya bisa menampung hingga 15 orang. Ruangan kedua adalah tempat Makam Mbah Patok itu sendiri. Kedua ruangan tersebut dipagari oleh besi teralis seluas 4×3 meter. Makam itu dikelilingi karpet untuk para peziarah. Maksimal, ruangan ini berisi enam pengunjug.

Makam Mbah Pathok ini memiliki juru kunci bernama Supardi, yang merupakan keturunan ketujuh penjaga makam. Ayahnya yang bernama Harjo, dulunya juga juru kunci makam tersebut. Pria yang berusia 85 tahun ini menceritakan, Mbah Pathok yang aslinya bernama Empu Supo hidup sebelum tahun 888 masehi. Empu Supo diyakini sebagai orang yang membangun Candi Songgoriti. Empu Supo juga terkenal sebagai pembuat keris dengan keampuhan luar biasa. Empu Supo merupakan kakek guru dari Empu Gandring, sang pembuat Naga Puspa dan juga pembuat keris milik Ken Arok.

Salah satu peninggalan Mbah Pathok adalah air panas alami di kawasan Candi Songgoriti. Konon, Empu Supo mencelupkan keris, yang dibuatnya hanya dengan pijakan tangan, ke sumber air sebagai proses terakhir pendinginan besi keris itu. Ajaib, celupan keris buatannya itu membuat air yang lokasinya di tengah Candi Supo mendidih. Bahkan, aroma besi keris juga masih menempel pada bau air panas di Candi Supo hingga kini.

Source https://ngalam.co https://ngalam.co/2016/09/13/makam-mbah-pathok-wisata-sejarah-di-songgoriti/
Comments
Loading...