situsbudaya.id

Makam Mbah Lancing Kebumen

0 181

Lokasi Makam Mbah Lancing

Makam Mbah Lancing terletak di Desa Mirit, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Perjalanan ke Makam Mbah Lancing dari Gardu Pandang Waduk Wadaslintang. Jaraknya 35,7 km, rute lain bisa menghemat sekitar 8 km, begitu menurut Google Map.

Riwayat Mbah Lancing

Mbah lancing adalah seorang wali. Ia berperan penting dalam penyebaran Islam di pesisir selatan tanah jawa, dan bersama Mbah Kyai Marwi merintis permukiman di Desa Mirit. Nama asli Mbah Lancing Mirit adalah Kyai Baji. Konon semasa hidupnya si Mbah senang memakai kain batik untuk bebedan (lancingan), sehingga kemana pun pergi ia selalu memakai lancing, dan karena itu ia disebut Mbah Lancing. Karena itu pula tampaknya persembahan untuk sesepuh ini dilakukan oleh para peziarah dengan menumpuk kain batik di atas pusaranya hingga menggunung.

Makam Mbah Lancing

Cungkup Makam Mbah Lancing Mirit Kebumen bergaya joglo dengan dinding kayu berukir, mengapit pintu makam yang sebenarnya. Tengara Cagar Budaya di kiri cungkup berbunyi “Makam Mbah Lancing Mirit”

Bagian dalam cungkup dengan pilar kayu berukir, yang ternyata tidak ada makam di dalamnya. Di ujung ruangan ada tulisan “Makam Eyang Agung Lancing”, dengan kain beludru digelar di lantai di sebagai tempat duduk bagi para peziarah. Rupanya Makam Mbah Lancing justru berada di belakang cungkup, di tempat terbuka tanpa atap sama sekali. Makam Mbah Lancing Mirit Kebumen yang sangat unik, dengan tumpukan kain batik menggunung. 

Tumpukan kain batik yang disebut sinjang itu berasal dari para peziarah yang terkabul doanya, sebagai ungkap syukur. Orang harus datang ke juru kunci jika hendak meletakkan sinjang di atas Makam Mbah Lancing, dan sinjangnya tidak boleh dibeli di pasar. Juru kunci akan meminta seorang wanita, dengan syarat-syarat tertentu, untuk membatik sinjangnya.

Source Makam Mbah Lancing Kebumen
Comments
Loading...