situsbudaya.id

Makam Mbah Jobeh Yogyakarta

0 61

Lokasi Makam Mbah Jobeh

Makam Mbah Jobeh terletak di Dusun Petir A, Desa Petir, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada titik koordinat 49L X: 0470151 dan Y: 9107127 dan ketinggian 338 mdpl.

Makam Mbah Jobeh

 Areal pemakaman ini terletak di tengah-tengah ladang penduduk. Batas-batasnya adalah sebagai berikut: sebelah utara dan barat adalah bukit karst, sedangkan sebelah selatan dan timur adalah ladang penduduk. Makam Mbah Jobeh merupakan kompleks pemakaman yang dibatasi oleh dinding tembok dari batako pada sisi timur, talud bolder batu pada sisi utara dan barat, dan pematang ladang yang kedudukannya lebih tinggi di sebelah selatan.

Makam Mbah Jobeh itu sendiri terletak di tengah-tengah makam-makam yang terdapat di dalam batas-batas pagar tersebut. Makam Mbah Jobeh ini terletak di dalam tembok keliling tanpa atap dengan sebuah pintu besi berdaun dua dan dicat berwarna hitam yang terletak di sebelah timur. Luas dinding keliling tersebut adalah 7,59 meter x 6,99 meter.

Tinggi temboknya adalah 1,59 meter. Makam itu sendiri berupa cungkup dengan atap dari ijuk dan rangka kayu. Di dalam tembok tersebut tumbuh beberapa pohon sehingga bagian dalam tersebut rindang. Makam Mbah Jobeh merupakan salah satu khasanah budaya lokal yang terdapat di Desa Petir, Kecamatan Rongkop. Pada saat terdapat ritus-ritus desa, khususnya rasulan atau bersih dusun, masyarakat setempat biasanya turut membersihkan dan berdoa pada makam ini.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/makam-mbah-jobeh/
Comments
Loading...