Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik

0 184

Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik

Makam Syekh Maulana Maghribiyang berada di Kota Cirebon Maulana Malik Ibrahim yang juga disebut Sunan Gresik orang yang pertama menyebarkan Islam di Jawa,Waktu itu  Kerajaan Majapahit masih berdiri. Keberadaan makam yang ada di beberapa tempat itu bisa membuktikan pengaruh sang wali yang menyebar luas di tanah Jawa.

 Makam merupakan hubungan batin antara peziarah dengan arwah orang yang sudah meninggal ,baik hubungan imajiner searah, maupun hubungan batin dua arah bagi yang mempercayai bahwa si mati masih bisa mendengar persoalan hidup dan keluh kesah para peziarah dan bersedia menjadi penguat doa agar didengar oleh Yang Mahakuasa.

Kompleks pemakaman  dari makan ini tampak bersih dan terawat dengan baik,karena banyak juga para masyarakat yang kadang berkunjung ke tempat yang satu ini. Sebab juga sebagai tanda terimakasih dan penghormatan bagi syeh maulana yang semasa hidupnya yang memiliki pengorbanan yang sangat besar.

Memasuki pemakaman ini  sebuah gapura berbentuk paduraksa atau bagian atas tersambung yang dapat kita lihat di sebelah kanan yang menjadi salah satu jalan masuk ke dalam cungkup makam. Namun meneruskan langkah ke arah kiri dimana terdapat semacam ruang pengurus, dan di sampingnya terdapat bangunan terbuka berbentuk memanjang ini juga dapat dijadikan sebagai pintu masuk untuk memasuki area pemakaman yang satu ini.

Ada tiga makam yang memiliki macam dan ornamen serta motif yang berbeda-beda. Tepat  terdapat d ujung kiri adalah Makam Maulana Malik Ibrahim, dan di sebelahnya adalah makam sang isteri Syayyidah Siti Fatimah, dan di sebelahnya lagi adalah makam sang putera, Syekh Maulana Maghfur. Di sisi depan terdapat relief ayat-ayat al-Qur’an yang ditulis dalam huruf Arab. Ia wafat pada hari Senin 12 Rabi’ul Awwal 822 Hijriah.”sebagai pemimpin yang sangat baik dan bijaksana ia banyak di doakan warga masyarakatnya supaya di terima di sisi sang pencipta.

Source Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik
Comments
Loading...