Makam Laksamana Koja Hasan Bintan

0 29

Makam Laksamana Koja Hasan

Laksamana Koja Hasan adalah Syeh Maulana Fadillah Khan atau Sunan Gunung Jati. Beliau datang dari tanah Jawa untuk membantu Bentan dalam berperang melawan Portugis. Sebagaimana telah disebutkan di atas beliau adalah salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa, tetapi kedatangannya ke Bentan bukan dalam rangka menyebarkan ajaran Islam tetapi sebagai salah seorang laksamana yang akan membantu dalam peperangan melawan Portugis. Berdasarkan data pendataan yang lalu disebutkan bahwa makam ini adalah makam Said Ahmad, tetapi setelah dilakukan wawancara dengan Asyim salah satu tokoh pemuda di Kampung Bekapur, makam ini adalah makam Laksamana Koja Hasan.

Makam Laksamana Koja Hasan berada di tepi jalan Wisata Air Terjun dan berada di kaki Gunung Bintan. Makam Laksamana Koja Hasan terbuat dari bahan batu dan tidak ada pengerjaan terhadap batu tersebut. Orientasi makam adalah utara-selatan, nisan bagian kepala berbentuk silinder dan nisan bagian kaki berbentuk persegi. Selain makam Laksamana Koja Hasan terdapat pula makam lainnya yaitu makam istri dari Laksamana Koja Hasan yang bernama Tun Sirah binti Hang Tuah nisan yang digunakan pada makam Tun Sirah terbuat dari bahan batu dan memiliki bentik persegi baik nisan kepala maupun kaki. Saat ini kedua makam tersebut telah diberi pagar keliling yang terbuat dari pagar berbahan coran semen.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Bintan.pdf
Comments
Loading...