Makam La Tenri Leleang Sulawesi Selatan

0 134

Makam La Tenri Leleang

Makam La Tenri Leleang terletak di jalan Terong Kelurahan Bukit Indah Kecamatan Seroang Kota Pare-Pare Provinsi Sulawesi-Selatan, makam tersebut dikenal warga setempat sebagai kompleks pemakaman umum La Panyanya, yang berada pada puncak bukit dan semak belukar. Makam tersebut ada kemiripan dengan makam Datu Lacincing yakni berbentuk kubah denah dasar bangunan berbentuk segi empat dengan ukuran kurang lebih 4,15 x 4,15 m, atap berbentuk prisma. Pintu masuk hanya satu yaitu pada bagian selatan, sementara pada sisi lain masing-masing diberi jendela.

Di dalam kubah terdapat 2 makam, 1 buah makam terbuat dari kayu ulir dan 1 terbuat dari campuran material, makam yang terbuat dari kayu dipenuhi ukiran hiasan kaligrapi. Nisan di dalamnya berbentuk gada, terbuat dari kayu ulin dan dipenuhi ukiran kaligrafi, kondisi dalam bangunan cukup bersih dan terpelihara namun disekitar bangunan makam pada umumnya kompleks La Panyanya sangat kotor dan penuh semak belukar. Salah seorang dari warga setempat bernama Suwardi mengaku sebagai pembersih lokasi atau pinati makam tersebut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/423/
Comments
Loading...