Makam La Ode–Ode dan Raja Jin Sulawesi Tenggara

0 71

Makam La Ode–Ode dan Raja Jin

Makam berada di sisi utara Benteng Lipu ± 100 m dari Makam Gau Malanga. Letak astronomis makam berada di 04º 46’ 58,7” LS dan 123º 10’ 52,4” BT pada ketinggian 37 meter diatas permukaan laut.

Pada situs ini terdapat dua makam yang diidentifikasi sebagai Makam La Ode-Ode (Lakina Kulisusu I) dan Makam Raja Jin (Panglima Perang). Kedua makam ini berada dalam satu cungkup yang terletak di bagian Utara dalam benteng Lipu. Makam La Ode-Ode berbentuk persegi panjang dengan orientasi utara-selatan.Terdapat dua buah nisan berbentuk mahkota bunga teratai serta jirat yang sudah tidak dalam bentuk aslinya. Nisan pada makam dibuat dari batu padas yang dipangkas dan dihaluskan kemudian diukir dengan motif sulur daun.

Pada nisan makam Laode Ode Tinggi = 79 cm, diameter = 19 cm sedangkan nisan bagian bawah berukuran Tinggi = 94 cm, diameter = 19 cm. Panjang jirat = 2.6 m, Lebar = 1.1 m, Tebal jirat = 35 cm, Tinggi = 60 cm. Sedangkan pada Makam kedua adalah Makam Raja Jin, dengan bentuk persegi dan orientasi utara-selatan. Adapun ukuran makam, antara lain; Tinggi nisan = 137 cm, Lebar = 26 cm, pada nisan bagian bawah Tinggi = 96 cm, Lebar = 25 cm, Tebal = 23 cm, dan Panjang jirat = 3,25 cm, Lebar = 1,85 cm. Cungkup terdiri dari 9 tiang kayu model atap limas berbahan seng, lebar cungkup = 4, 35 cm dengan dinding terbuat dari besi.

Kedua tokoh pada makam ini merupakan tokoh utama dalam awal berdirinya Kerajaan Kulisusu. La Ode-Ode adalah anak dari Sultan Buton ke 4, La Elangi yg digelari Sultan Dayanu dengan Wa Ode Bilahi, seorang bangsawan kulisusu. Setelah dewasa La Ode-Ode menjadi pemersatu dari tiga wilayah kecil di Kulisusu yang sebelumnya telah memiliki pemimpin masing-masing. Atas musyawarah ketiga pimpinan wilayah tersebut, La Ode-Ode kemudian dipilih menjadi Lakina Kulisusu yang membawahi tiga wilayah yang telah ada dan menjadi kerajaan otonom dari Kesultanan Buton.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...