Makam La Iji Sulawesi Tenggara

0 76

Makam La Iji

Lokasi makam berada ±50 m arah sebelah utara Raha Bulelenga. Secara geografis/ astronomis berada di titik koordinat S 04º 47’ 01,3” LS dan 123º 10’ 58,3” dengan ketinggian 50 m diatas permukaan laut.

Bentuk asli makam telah hilang, terkecuali nisan masih tampak keasliannya. Saat ini, makam dilindungi dengan bangunan tanpa dinding dengan atap berbahan seng yang ditopang 4 tiang kayu dengan model segi tiga sedangkan Panjang dan Lebar Cungkup 3.50 x 3,00 m. Nisan terbuat dari batu padas yang dihaluskan dan berbentuk pipih serta memiliki motif ukiran pada pada sisi-sisinya dengan ukuranTinggi = 0,67 cm, Tebal = 0,5 cm, dan Lebar = 0,25 cm. Panjang jirat = 2.20 dan Lebar = 1.70, Tebal = 16 cm. Bagian makam juga memiliki gunungan berukuran Tinggi = 59 cm, Tebal = 0,19 cm dan Tinggi cungkup = 2.40 m.

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat, makam ini merupakan makam La Iji, seorang tokoh pejuang tradisional masyarakat Kulisusu, bahkan ada sumber lain menyebutkan bahwa tokoh ini adalah Lakino Kulisusu yang kedua. Selain itu, La Iji diketahui oleh masyarakat setempat adalah orang yang mempunyai keahlian dalam ilmu kebatinan. Makam La Iji merupakan makam tertua yang berada di dalam Kawasan Benteng/Keraton Lipu, dan hingga saat ini tidak ada yang mengetahui sejak kapan keberadaan makam tersebut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...