Makam Kyai Mojo Minahasa

0 179

Makam Kyai Mojo Minahasa

Makam bersejarah ini merupakan makam dari Kyai Mojo yang terletak di perbukitan di Desa Wulauan, Kecamatan Tolimambot, Minahasa, Sulawesi Utara, Membutuhkan beberapa menit setelah melewati Kampung Jawa .

Pada sejarahannya beliau Kyai Mojo yaitu seorang penasehat spiritual Pangeran Diponegoro yang memiliki pengabdian Perang  di Jawa yang digunakan untuk melawan kolonial belanda pada waktu itu sekitar tahun ke 1825– 1830.

Apabila menuju ke puncak bukit Makam Kyai Mojo berada, dengan menggunakan papan nama serta penjelasan singkat tentang Makam Kyai Mojo serta papan nama Pahlawan Nasional KH Ahmad Rifa’i. Jarak sekitar 100 meter dari tepi jalan dimana pintu pagar pertama berada. Pintu pagar kedua di undakan ini tidak terkunci.Sehingga para pengunjung bisa berdoa dan berziarah.

Adapula seorang ulama yang di kenal dengan nama Kyai Rifai  yang sangat tidak suka dengan Belanda dan secara terbuka diungkapkannya melalui dakwah dan tulisan. Kyai Rifa’i mengajarkan untuk pemerintahan kolonial adalah Kafir sebab menindas rakyat,  sedangkan untuk kaum birokrat adalah adalah antek Belanda dan karena itu juga Kafir, serta praktek beragama tidak boleh bercampur dengan kepercayaan nenek moyang yang dinilainya sesat dan musyrik.

Selain itu juga Makam Kyai Mojo adalah satu-satunya makam di dalam kompleks ini yang kijingnya memiliki undakan sembilan tingkat sehingga terlihat sangat tinggi bila di pandang . Makam Kyai Mojo, terdapat makam beberapa orang pengikut serta tidak ketinggalan keluarganya juga .Nisannya ditutup dengan mori putih, yang di letakkan di atasnya makam.

Kebersihan yang ada di makam ini sangat di jaga demi kenyamanan dan keindhan dari makam ini ,bagi para pengunjung di harap tidak membuang sampah apapun di area pemakaman ini,pemakaman ini di atasnya terdapat genting yang gunanya untuk menghindarkan dari hujan dan panas matahari.

Source Makam Kyai Mojo Minahasa Makam Kyai Mojo Minahasa
Comments
Loading...