Makam Kuno Padang Laweh

0 17

Makam Kuno Padang Laweh

Menurut informasi Sultan Alif, kedua tokoh yang dimakamkan tersebut merupakan raja yang pernah memerintah di Kerajaan Padang Lawas.Dua makam tersebut adalah Makam Tuanku Basusu Ampat dan Makam Tuanku Babulu Lidah.

Makam terletak di jalan kampung Padang Lawas yang areal sekitarnya merupakan perkebunan sawit. Pada lokasi ini terdapat dua buah makam dengan orientasi arah Utara-Selatan. Makam pada sisi Timur merupakan makam Tuanku Basusu Ampat, sedangkan makam Tuanku Babulu Lidah terdapat di sisi Barat. Jarak antar makam ini ±1,5 m. Makam pada sisi Timur memiliki jirat yang terbuat dari coran semen (baru) berukuran 1,2 m x 2,93 m, dengan nisan yang terbuat dari batu.

Nisan ini berbentuk gada yang pada bagian atasnya memiliki ukiran bermotif flora (bunga taratai) dengan ukuran masing: nisan sisi Utara: tinggi 51 cm, diameter 62 cm dan nisan sisi Selatan: tinggi 30 cm, diameter 61 cm. Sedangkan makam pada sisi Barat memiliki jirat dari coran semen dengan ukuran 0,8 m x 2,90 m. Nisan terbuat dari batu alam nonartifisial dengan ukuran masing-masing, sisi Utara: tinggi 17 cm, diameter 65 cm dan sisi Selatan: tinggi 32 cm, diameter 64 cm. Tinggi jirat kedua makam tersebut dari permukaan tanah adalah 20 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Dharmasraya.pdf
Comments
Loading...