Makam Kodhangku Sulawesi Tenggara

0 99

Makam Kodhangku

Makam berada di Desa Wasalabosearah sebelah timur Benteng Lipu. Untuk menjangkau lokasi makam dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Dari Lawa yi Lemo Benteng Lipu berkendara ± 200 m menuju kompleks olahraga, lalu belok kiri ± 75 m menuju kompleks perkantoran Bumi Sara Ea. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan melintasi belukar ± 30 m ke arah barat. Saat kegiatan pendataan, keberadaan lokasi makam dipenuhi dengan belukar yang sangat rapat.Vegetasi disekitar makam meliputi jati putih, dan tanaman perdu, kecuali sebelah timur berbatasan dengan jalan.

Makam memiliki pagar berbentuk persegi yang terbuat dari susunan batu karst dengan panjang 11,50 m, tebal 90 cm, dan tinggi 65 cm.Ukuran panjang tidak lazim dijumpai pada makam ini yakni 570 cm dan lebar 140 cm. Terdapat satu nisan pada makam berbahan stalaktit dengan tinggi 32 cm dan diameter 12 cm serta jirat dari batu karang dengan tinggi berkisar 20cm – 30 cm dan tebal 30 cm.Letak astronomis makam berada di titik 4º 47’ 13,7” LS dan 123º 10’ 56,3” BT pada ketinggian 43 m diatas permukaan laut dengan orientasi membujur utara selatan.Kisah turun temurun masyarakat Kulisusu menuturkan bahwa Kodhangku merupakan salah satu tokoh yang disegani di Kerajaan Kulisusu.

Bersama Buraku, keduanya memprakarsai dibangunnya Benteng Lipu di masa Lakina Kulisusu I, La Ode-Ode. Namun dalam proses pembangunan benteng, beliau kemudian berselisih pendapat dengan Buraku karena dalam pembangunan Benteng Lipu tidak berpatokan dengan rancangan beliau yang menginginkan wilayah benteng meliputi seluruh pancaran Kulisusu (air Lokan) sewaktu ditemukan oleh Sangia Doule. Setelah wafat, beliau kemudian dimakamkan di luar benteng atas permintaan sendiri.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/445/
Comments
Loading...