Makam Kyai Haji Afandi Riau

0 75

Lokasi Makam Kyai Haji Afandi

Makam Kyai Hajl Afandi terletak di Oesa lnsit, Kecamatan Tebing Tlnggi, Kabupaten Kepufauan Meranti, Provinsi Riau.

Makam Kyai Haji Afandi

Semasa hidupnya Kyai H. Afandi merupakan tokoh masyarakat yang sangat disegani, karena merupakan tokoh pembawa Agama Islam pertama ke di Kampung ini. Jadi masyarakat sangat menghormatinya. Cuman kenapa makamnya dibikin sederhana, karena merupakan wasiat dari Almarhum, bahwa kalau beliau meninggal, supaya makamnnya tidak ada hal-hal yang mengambarkan kemewahan. ltu pun dengan alasan sesuai dengan pemahaman yang beliau pelajari tentang makam orang-orang Islam.

Jadi karena wasiat ini masyarakat lnsit beserta keluarga mematuhi wasiat ini, termasuk pemerintah daerah. Cuman untuk mengenang jasa-jasanya dalam memajukan daerah insit, terutama dalam penyebaran agama Islam, dan ditambah lagi semangat perjuangan dalam melakukan perjuangan kemerdekaan, masyarakat tetap memperhatikan, makam ini tetap dijadikan sebagai makam yang memiliki nilai penting bagi masyarakat, terutama generasi di masa yang akan datang.

Dilihat dari sisi bentuk makam ini, tidak ada yang istimewa. Sehingga dari bentuk makam ini hanya sama seperti masyarakat lainnya. Tapi dilihat dari ketoxonan dan perjuangan can asnarnum, makam ini memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Sela Panjang. Jadi pelestarian dari makam ini bukan bentuk atau gaya dari makam, tapi dengan adanya pelestarian dari makam ini akan memberikan inspirasi nilai perjuangan kepada masyarakat di Sela! Panjang, baik generasi sekarang, maupun generasi yang akan datang. Ditambah lagi lokasi makam ini terletak dalam komplek Masjid Alfalah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/07/19/makam-kyai-h-afandi/
Comments
Loading...