Makam Ki Madusena Astrabaya Sawangan Kebumen

0 105

Makam Ki Madusena Astrabaya Sawangan

Ki Madusena adalah putra dari Ki Ageng Mangir IV/Ki Ageng Wikerta dengan putri Panembahan Senopati yang bernama Raden Ayu Pembayun (ada yang berkeyakinan ayah dari Ki Madusena adalah Ki Ageng Mangir III). Pernikahan mereka diawali dengan menyamarnya Pembayun menjadi salah satu ronggeng di wilayah Ki Ageng Mangir atas perintah ayahandanya. Tujuannya tidak lain untuk memikat Ki Ageng Mangir sehingga ia dapat ditaklukkan Mataram. Strategi tersebut ternyata berhasil, bahkan tidak hanya Ki Ageng Mangir saja, Pembayun yang saat itu menjadi ronggeng pun jatuh cinta kepadanya. Ia kemudian diperisteri Ki Ageng Mangir. Identitas Pembayun yang selama itu dirahasiakan, ia ceritakan kepada suaminya saat Pembayun mengandung usia 7 bulan.

Makam Madusena yang lebih dikenal sebagai Astrabaya berada di desa Sawangan kecamatan Alian kabupaten Kebumen. Di sekitar Makam kini berdiri MTS As Sadiyah Sawangan, Mushola, dan tanah pekarangan serta persawahan warga. Keunikan makam ini adalah letak makam Astrabaya yang berada di sebelah timur makam isterinya. Berbeda dengan makam tokoh lain yang pada umumnya letak makam laki – laki berada di sebelah barat.

Satu hal yang wajib kita cermati bersama adalah banyaknya reaksi keras dari berbagai pihak ketika kita mengungkap situs – situs yang berada di Kebumen. Seolah Kebumen itu dilarang memiliki sejarah dan peran penting di masa lalu.

Source https://kebumen2013.com https://kebumen2013.com/makam-ki-madusena-astrabaya-sawangan-alian-kebumen/
Comments
Loading...