Makam Ki Ageng Kebo Kenongo Boyolali

0 327

Makam Ki Ageng Kebo Kenongo

Sebagian peziarah dan pecinta wisata religi di pemakaman lebih sering menamakan Ki Ageng Kebo Kenongo dengan sebutan Ki Ageng Pengging. Sebab lokasi makam ini memang berada di Desa Pengging, Kecamatan Pengging, Kabupaten Boyolali yang berjarak beberapa puluh kilometer saja dari Kota Solo.

Ki Ageng Pengging atau Ki Ageng Kebo Kenongo di masa mudanya memiliki nama Raden Kebo Kenongo. Dia merupakan anak dari hasil pernikahan antara Andayadiningrat dan Ratu Pembayun. Andayadiningrat sendiri adalah pimpinan di Desa Pengging dengan gelar sebagai Ki Ageng Pengging I. Ketika ayahnya wafat, Ki Ageng Kebo Kenongo mengambil alih tugas kepemimpinan dan mendapat gelar menjadi Ki Ageng Pengging II.

Dalam masa kepemimpinannya tersebut, Ki Ageng Pengging II sering membuat keputusan yang bertolak belakang dengan pemerintahan pusat di Kerajaan Demak. Karena itu kemudian dia mendapat hukuman mati dan yang jadi pelaksana hukuman tersebut adalah Sunan Kudus.

Meski dianggap sebagai pelaku kejahatan oleh Kerajaan Demak, namun oleh warga Pengging kematiannya dianggap sebagai lambang keberanian kepada pemerintahan Demak yang selalu memerintah dengan sewenang-wenang. Ki Ageng Pengging juga dipandang sebagai seorang yang teguh pendirian dan lebih mengutamakan kehidupan rohani dibanding duniawi.

Masuk dalam komplek obyek wisata religi Makam Ki Ageng Pengging atau Ki Ageng Kebo Kenongo, peziarah akan melewati pintu gerbang paduraksa. Setelah itu akan melalui sebuah jalan setapak yang sudah bersemen. Kemudian akan berhadapan dengan bangunan yang pintu masuknya berwarna kuning krem berpadu hijau.

Dari pintu ini wisatawan akan menemui semacam lorong, lalu akan langsung masuk ke dalam cungkup Makam Ki Ageng Kebo Kenongo. Sebelum masuk harus mendapatkan izin terlebih dulu dari juru kunci atau penjaganya.

Setelah pintu dibuka, terlihat makam Ki Ageng Kebo Kenongo yang berselimut kain dengan warna merah dan putih. Di ruang inilah peziarah dapat memanjatkan doa pada Allah agar bisa mendapat tuah atau berkah dari sosok almarhum Ki Ageng Kebo Kenongo.

Source http://frontonecabinsolo.com http://frontonecabinsolo.com/makam-ki-ageng-kenongo-boyolali-solo-tempat-peziarah-mencari-berkah/
Comments
Loading...