Makam Keramat Haji Muhammad Said Bin Haji Wahid Natuna

0 23

Makam Keramat Haji Muhammad Said Bin Haji Wahid

Muhamad Said merupakan salah satu tokoh agama islam di daerah kelanga Khususnya dan Bunguran umumnya. Dia hidup sekitar tahun 1800-an. Muhamad said ini berasal dari Brunei. Bapaknya Haji Wahid merupakan penyebar agama islam di Brunei yang pindah ke natuna/Bunguran. Semasa hidupnya Muhamad said mengangkat anak dari keturunan Cina yang masuk islam yang diberi nama Muhamad Yunus. Keramat Air Kiyak/Pasir Putih ini berada dalam komplek pemakaman umum dengan orientasi utara-selatan. Khusus makam Muhamad said sudah dipagar dengan tembok keliling dengan ukuran panjang 6,5 meter dan lebar 3,6 merter tinggi tembok 45 cm.

Dalam tembok keliling ini terdiri dari 3 makam yaitu makam Mohamad Said, Muhamad yunus dan Datuk Jamus (family dari Muhamad Said). Makam Muhamad Said memiliki ukuran panjang 120 cm dengan lebar 65 cm. tinggi nisan bagian kepala 55 cm dan kaki kaki 50 yang terbuat dari kayu belian. Makam Muhamad Said ini sudah diberi tembok dengan tinggi 15 cm. Makam Muhamad yunus memiliki ukuran panjang 75 cm dengan nisan bagian kepala terbuat dari batu dengan tinggir 30 cm sedngakan nisan bagian kaki 25 cm. Makam datuk Jamus memiliki panjang 200 cm dengan lebar 135 cm. tinggi nisan makam bagian utara 45 cm, kaki 25 cm dengan bahan terbuat dari batu berbentuk gada.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Natuna.pdf
Comments
Loading...