Makam Keramat H. Abdul Jumata Riau

0 274

Lokasi Makam Keramat H. Abdul Jumata

Makam Keramat H. Abdul Jumata terletak di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Makam Keramat H. Abdul Jumata

Makam H. Abdul Jumata terdiri dari sebuah jirat dengan dua buah batu nisan yang terletak di  bagian kaki dan kepala jirat. Makam ini terletak pada sebuah bangunan cungkup berdenah bujur sangkar berukuran 3 x 3 m. Bangunan ini berada dalam sebuah kompleks makam.

Jirat makam H. Abdul Jumata berbentuk persegi empat dengan panjang 1,80 m, lebar 0,80 m, dan tinggi 10 cm. Jirat ini terbuat dari bata berlepa yang dicat  dengan  warna  kuning. Jirat  ini  merupakan bangunan baru sebagaimana halnya dengan bangunan cungkup makamnya.

Pada sekeliling jirat diberi pagar berupa jeruji besi yang dicat dengan warna kuning dan pada bagian atasnya ditutup dengan kain dengan warna yang sama. Sementara itu, nisan makam H. Abdul Jumata berbentuk balok dengan bahan terbuat dari semen yang berukuran tinggi 50 cm dan lebar sisi-sisinya 10 cm. Nisan pada kepala jirat terdapat inskripsi yang menunjuk kepada nama H. Abdul Jumata. Secara morfologis, tampak bahwa nisan ini merupakan nisan baru, bukan nisan makam yang asli.

Adapun bangunan cungkup makam dibuat tanpa dinding dan disangga dengan empat buah tiang yang terbuat dari semen (cor). Adapun atapnya berbentuk tumpang dua tingkat dan terbuat dari seng. Sementara itu, lantai cungkup ditutup dengan lapisan ubin keramik (porselen) berwarna biru muda.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/09/13/makam-keramat-h-abdul-jumata-indragiri-hilir-riau/
Comments
Loading...