Makam kapitang Bolong

0 100

Makam kapitang Bolong

Makam kapitang Bolong berbentuk persegi panjang dan berundak-undak karena memiliki tangga, orientasi makam tersebut menghadap dari utara ke selatan dengan ukuran makam tersebut yaitu panjang 200 cm, lebar 110 cm dan tinggi batu nisan 90 cm. situs tersebut terletak di komplek pemakaman keluarga Kapitang bolong di desa Lise, kec. Panca Lautang Kab. Sidenreng Rappang dan berada dititik koordinat S 4 06.374″, E 119.82 230″ dengan elevasi 66 meter diatas permukaan laut.
Bahan dasar makam tersebut terbuat dari batu padas dengan warna abu-abu dan putih perak, mewakili masa gaya Islam dan bentuk batu nisan yaitu gada kerucut. Kapitang Bolong atau nama aslinya Puang Maddangka adalah seorang putra Lise yang terkenal dengan keberaniannya dan selalu tegar dalam menegakkan kebenaran. Karena terkenal akan keberaniannya maka beliau di angkat sebagai salah satu punggawa/ panglima perang di kerajaan Sidenreng pada masa Addatuang Sidenreng ke-IX Sumange Rukka yang memerintah pada tahun 1299 Hijriah atau tahun 1882 M dan pada masa pemerintahan Addatuang Sidenreng ke-X La Sadapotto pada tahun 1905 sampai dengan tahun 1909 M.
Dengan datangnya penetrasi barat dalam hal ini kompeni Belanda yang memaksakan untuk menaklukan wilayah dan daerah-daerah kerajaan di wilayah Nusantara, salah satunya adalah kerajaan Sidenreng maka terjadilah peperangan antara kerajaan Sidenreng dengan Belanda. Pada tahun 1906 M Belanda berhasil memukul mundur dan mengalahkan pasukan kerajaan Sidenreng  yang pada akhirnya Addatuang Sidenreng La Sadapotto menyerah kepada Belanda dengan menandatangani perjanjian dengan Belanda. Di lain pihak Kapitang Bolong yang merupakan panglima perang tidak setuju dengan keputusan Raja untuk menyerah dan berdamai dengan Belanda, akhirnya Kapitang Bolong meninggalkan kerajaan menuju ke kampung halamannya di Lise, tetapi kemudian beliau di tangkap oleh Belanda dan akhirnya mendapat hukuman yang berat dan ditahan pada tahun 1906 dan pada tahun itu juga Kapitang Bolong wafat.
Source cagar-budaya-sidrap.blogspot.co http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2015-12-05T20:55:00-08:00&max-results=1&start=18&by-date=false
Comments
Loading...