Makam K.A.R Bosscha Bandung

0 112

Lokasi Makam K.A.R Bosscha

Makam K.A.R Bosscha terletak di Desa Banjar Sari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Makam K.A.R Bosscha

K.A.R. Bosscha adalah orang Belanda yang hidupnya didedikasikan untuk ilmu pengetahuan. Beliau juga ikut membangun kampus ITB dan merancang bangunan Gedung Merdeka di Bandung.Berdasarkan keinginannya, Boscha ingin dimakamkan di tempat ini, di tengah perkebunan teh, setelah ia meninggal.

Makam ini dibangun pada tahun 1928, adapun penataan tamannya dimulai pada tahun 1999. Berdasarkan prasasti yang tertulis di atas makam, K.A.R. Bosscha dilahirkan pada tanggal 15 Mei 1865 dan meninggal dunia pada tanggal 26 November 1928. Ia adalah pendiri dan pemilik Perkebunan Teh Malabar sejak tahun 1896 sampai meninggal pada tahun 1928.

Makam ini berupa bangunan tanpa dinding dengan denah berbentuk lingkaran. Terdapat delapan buah tiang yang menyangga atap yang juga berbentuk lingkaran. Tiang-tiang tersebut terbuat dari batu marmer. Bentuk atapnya berupa piringan beton pipih dengan tambahan setengah bola  di bagian atasnya. Bentuk seperti ini mengingatkan kita terhadap bentuk topi, yang menurut informasi merupakan bentuk topi yang sering digunakan oleh Bosscha. Pada bagian atap sebelah dalam, bentuk konstruksi denahnya adalah segi delapan kemudian ke arah luar berdenah lingkaran. Pada bagian bawah makam, bagian tengahnya tidak ditutup oleh konstruksi batu, tetapi dibiarkan berupa tanah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/tempat-bersemayam-karel-albert-rudolf-bosscha/
Comments
Loading...