situsbudaya.id

Makam Ima Ea Sulawesi Tenggara

0 38

Makam Ima Ea

Makam berada ± 100 m arah tenggara Makam Sangia Laihori. Makam memiliki cungkup berbentuk dasar persegi dengan ukuran 10 x 6 m yang disokong 8 tiang beton dan dilengkapi jeruji juga batu yang disusun layaknya struktur benteng sebagai pagarnya. Bentuk makam agak sedikit berbeda, karena hanya terdapat bongkahan batu karang yang dibentuk melingkar dan direkatkan dengan semen.

Kisah turun temurun di masyarakat Kulisusu, Ima Ea dimakamkam dimasukkan ke dalam lubang berbentuk lingkaran, dan sebagai penanda makam dibuatlah nisan yang dibentuk melingkar mengikuti lingkaran makam. Ima Ea memiliki nama asli La Gama, beliau adalah penyiar Islam pada periode awal berdirinya Kerajaan Kulisusu dan imam besar pertama di keraton Kulisusu.

Model nisan pada makam ini berbentuk bulat yang terbelah menjadi dua bagian dengan ukuran Panjang = 0,49 cm, Tinggi = 0,48 cm, dan Tebal = 0,19 – 0,27 cm. Tinggi cungkup 4,08 m terdiri dari 8 tiang beton, dinding terbuat dari pagar besi dan tinggi dinding fondasi 0,70 – 0,76 cm, Tebal 0,68 cm yang terbuat dari batu koral dengan bahan perekat semen.

Comments
Loading...