Makam Haji Muhammad Amin

0 36

Makam Haji Muhammad Amin

Nama Objek : MAKAM HAJI MUHAMMAD AMIN
Nama Tempat : Komplek Pemakaman Islam Senapeian
Alamat : Jalan Wakaf
Kelurahan : Kampung Bandar
Kecamatan : Senapelan
Status Kepemilikan : Badan Pengelola Pandam Pemakaman Islam Senapelan (BP3S)

Deskripsi :
Muhammad Amin yang memiliki nama kecil Husin merupakan Tokoh Pergerakan Nasional asal Riau seangkatan dengan Tokoh Pahlawan Nasional seperti H. Agus Salim, H. Samanhudi, KH. Ahmad Dahlan, maupun HOS. Cokroaminoto. Dalam tahun 1916 beliau memprakarsai berdirinya Serikat Islam Cabang Kerajaan Siak di Pekanbaru dengan susunan pengurus :
Abd. Rahman (Voorzitter)
H. Muhammad Amin (Vice Voorzitter)
A. Salam (Secretaris)
Hasan Guru (Vice Secretaris)
M. Jamal (Komisaris)

Tahun 1917 beliau membentuk Koperasi Serikat Islam di Pekanbaru sebagai bagian dari Serikat Islam yang diketuai oleh H. Muhammad Amin, dan dibantu oleh Hasan Guru (Sekretaris) serta A. Salam (Bendahara).

H. Muhammad Amin wafat pada tanggal 12 Agustus 1968 di Pekanbaru dalam usia 105 tahun dan dimakamkan dalam Komplek Pekuburan Senapelan Pekanbaru dan ditetapkan sebagai Tokoh Pergerakan Islam asal Riau oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Sosial RI, Rusiah Sardjono, SH dengan No.Pol.602/PK tanggall 15 Oktober 1964 dan diperbaharui melalui Surat Keputusan Menteri Sosial RI, Mintareja, SH dengan No.Pol.89/71/PK tanggal 7 Oktober 1971, dengan menetapkan H. Muhammad Amin sebagai Perintis Kemerdekaan Indonesia.

Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/03/26-lokasi-bersejarah-di-kota-pekanbaru.html
Comments
Loading...