Makam Guru H. Ismail Mundu

0 23

Makam Guru H. Ismail Mundu

Jika kita mengkaji sejarah alim ulama yang ada di Indonesia, biasanya banyak sekali. Salah satunya adalah yang di provinsi Kalimantan Barat.

Maka di tengah-tengah masyarakat muslim kita bisa menemukan berbagai nama yang sekarang masih harum. Di antaranya adalah Guru H. Ismail Mundu.

Hingga saat ini Makam Guru H. Ismail Mundu menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi untuk peziarah. Tempat ini juga digunakan sebagai salah satu wisata religi dan edukasi sejarah Islam di Kalimantan Barat.

Di Kalimantan Barat ada banyak objek wisata religi yang sebenarnya masih kurang terekspos hingga saat ini. Salah satunya adalah Masjid Batu yang merupakan masjid pertama dan juga paling lama yang ada di Kubu.

Serta ke Makam Guru H. Ismail Mundu menjadi salah satu wisata ziarah yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Kalimantan Barat.

Jika kita mengulik tentang sejarah dari Guru H. Ismail Mundu, maka anda akan diajak jelajah desa teluk Pakedai. Desa ini sendiri adalah sebuah desa yang dipisahkan oleh sungai.

Bila diukur, mungkin sungai tersebut dua kali lipat lebarnya dari sungai Kapuas. Dan hanya kapal penyeberangan yang bisa menghubungkan dari desa Punggur dan teluk Pakedai.

Sekilas sejarah dari guru Ismail Mundu adalah seorang guru di madrasah dan juga imam Masjid Batu. Masyarakat yang masih banyak tinggal di sini saat ini warga sudah banyak yang pindah ke ibukota.

Sebab di kawasan madrasah, dan juga masjid Batu sering terendam air pasang. Sekarang peninggalan yang dibangun oleh haji Ismail Mundu adalah masjid Batu. Masjid Batu ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain itu, makam dari haji Ismail Mundu juga menjadi salah satu tempat yang menjadi kunjungan wisatawan saat berkunjung ke sini. Di sekeliling masjid Batu ini hanya tampak 5 rumah saja.

Bahkan madrasah yang digunakan sebagai tempat menimba ilmu sekarang sudah tidak ada. Mungkin karena tidak ada murid dari haji Ismail Mundu yang kemudian melanjutkan perjuangan nya untuk mengajarkan agama islam di madrasah dan juga masjid Batu tersebut.

Sebenarnya lokasi dari makam guru H Ismail Mundu ini berada di sungai Kakap, Kubu Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Jika anda ingin berkunjung ke lokasi ini, maka anda bisa memulai perjalanan dari Desa punggur dengan melewati sungai perjalanan dilakukan menuju desa Teluk Pakedai sekitar 1 jam perjalanan.

Dilanjutkan melewati jalan semen yang sudah mulai rusak dan sampailah di gedung serbaguna teluk Pakedai Hulu.

Source https://www.travsharing.com https://www.travsharing.com/2019/01/berwisata-religi-ke-makam-guru-h-ismail.html
Comments
Loading...