Makam Familie Graaf J. Dinger Kota Batu

0 287

Lokasi Makam Familie Graaf J. Dinger

Makam Familie Graaf J. Dinger terletak di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Makam Familie Graaf J. Dinger

Diantara persawahan sayuran dan rumah penduduk berdiri Mausoleum beratap kubah bagai bayangan tuan tanah Graaf J. Dinger sedang mengawasi para petani memanen sayur mayur di lahan pertaniannya. Bangunan makam ini berada di wilayah pegunungan yang subur dan berudara sejuk di Dusun Wonorejo.

Untuk memasuki makam Dinger, harus melewati jembatan sepanjang 8,5 meter. Di bagian bawah jembatan adalah sungai yang sekarang sudah mati. Di kanan dan di belakang bangunan makam dijadikan areal persawahan, sedang di kiri bangunan adalah jalan. Pintu masuk terdiri dari dua daun pintu. Untuk menuju meja altar, terdapat 4 anak tangga terbuat dari marmer.

Masyarakat setempat mengatakan bahwa bangunan makam ini dahulu menyimpan dua buah peti mati yang dipercaya sebagai peti mati Graaf J. Dinger dan isterinya, namun keduanya sudah dipindahkan ke negeri asalnya, Belanda. Diperkirakan Graaf J. Dinger meninggal pada tahun 1917 berdasarkan tulisan Anno 1917 yang dipahat di atas pintu masuk sisi kanan dan kiri makam.

Saat ini bangunan makam Famille Graaf J. Dinger difungsikan sebagai tempat penyimpanan perlengkapan kematian milik warga Dusun Wonorejo. Entah kapan para arkeolog bisa mengungkap misteri sejarah makam Famillie Graaf J. Dinger.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjatim/misteri-makam-familie-graaf-j-dinger/
Comments
Loading...