Makam Engku Sumanik Padang Pariaman

0 30

Makam Engku Sumanik

Makam ini adalah tempat dikuburkannya Engku Sumanik, salah seorang ulama penyebar agama Islam di daerah Guguk, Kayu Tanam yang hidup sekitar tahun 1600-an. Makam Engku Sumanik bukan makam tunggal, tapi merupakan kompleks makam yang terdiri dari 10 buah makam. Makam Engku Sumanik berjirat susunan batu kali tanpa perekat dengan ukuran jirat panjang 270 cm, lebar 170 cm, dan tinggi 160 cm. Nisannya terbuat dari batu kali, nisannya terdapat di bagian kaki dan kepala. Nisan bagian kepala berbentuk balok yang bagian atasnya melengkung. Ukuran nisan bagian kepala Tinggi 38 cm, lebar 18 cm dan tebal 12 cm. Nisan bagian kaki berbentuk balok dengan ukuran tinggi 25 cm, lebar 20 cm, dan tebal 15 cm.

Di bagian nisan kepala terdapat wadah untuk menampung air yang terbuat dari cangkang kerang, yang menurut istilah setempat disebut kemo. Kemo ini digunakan sebagai tempat penampung air hujan, yang dipercaya sebagai air obat. Disebelah selatan makam Engku Sumanik terdapat makam dengan jirat yang sama, makam ini adalah makam kakak beliau. Di sisi utara di luar pagar makam terdapat sebuah bangunan semi permanen yang merupakan tempat para peziarah berdoa. Para peziarah ini biasanya ramai pada bulan Safar, Maulud, dan Puasa.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Padang-Pariaman.pdf
Comments
Loading...