Makam Datuk Tabano Kampar

0 12

Makam Datuk Tabano

Makam Datuk Tabano berada dalam areal pemakaman penduduk seluas ± 54,4 m x 37,4 m. Makam Datuk Tabano sendiri terletak tepat di tengah-tengah kompleks makam tersebut. Secara keselurhan Makam Datuk Tabano sudah memiliki cungkup permanen (berbahan tembok dan atap seng dengan gaya arsitektur tradisional Riau) dengan luas 3,5 m x 4 m dan tinggi sampai atap 5 m. Bangunan cungkup disangga oleh empat buah tonggak penyangga, dan diantara tonggak-tonggak tersebut diberi terali besi yang di cat warna hijau dengan lantai terbuat dari keramik putih. Di dalam cungkup tersebut terdapat dua buah makam dengan orientasi utara-selatan. Makam-makam tersebut antara lain:

  1. Makam Gandulo Datuk Tabano Wafat tanggal 11-11-1898 M/21 Rajab 1318 H di Bangkinang (Banjar Kampung Godang).
  2. Makam Ali Samad Datuk Tabano IV Wafat 10-10-1968 di Bangkinang. Kedua makam tersebut sudah dilapisi keramik berwarna biru tanpa nisan.

 Kedua makam memiliki bentuk dan ukuran yang sama yakni 1,9 m x 0,85 m. Dari pertanggalan yang terdapat pada inskripsi bagian kepala makam diketahui bahwa makam Datuk Tabano terdapat pada samping kiri Makam Ali Samad Datuk Tabano IV (sisi barat).

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.i https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kampar-BPCB.pdf
Comments
Loading...