Makam Datuk Penaung Bintan

0 29

Makam Datuk Penaung

Makam bagi masyarakat sekitar dinamai dengan Makam Datuk Penaung. Datuk Penuang adalah Temenggung (Penaung Bintan) yang menaungi wilayah Penaga. Datuk Penaung merupakan bagian dari struktur Kerajaan Melayu Bentan yang mengurusi wilayah Penaga. Makam Datuk Penaung berjarak sekitar 500 m dari Makam Datuk Julung, dan berjarak lebih kurang 500 m dari jalan raya Kampung Rekoh. Makam sudah diberi cungkup, atap seng, lantai keramik. Jirat makam dari semen yang ditinggikan dengan panjang 7,66 m dan lebar 1,55 m. Jirat makam berlapis tiga dengan warna cat putih dan hijau.

Pada jira lapisan atas terdapat hiasa tumpal yang dihiasi dengan cat warna hijau. Makam dapat dikatakan bearasal dari periode Islam (awal) terlihat dari orientasi nisan makam yang masih Barat LautTenggara yang berarti belum mengahadap kiblat. Nisan makam sudah diganti dengan coran semen yang bentuk yang berbeda dengan bentuk aslinya. Batu nisan yang asli masih ada, namun hanya tinggal satu dengan kondisi yang sudah pecah. Nisan terbuat dari batu padas dengan ukuran panjang 70 cm dan lebar 18 cm. Nisan yang asli berbentuk silinder sama dengan bentuk nisan yang digunakan pada makam Datuk Julung.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Bintan.pdf
Comments
Loading...