Makam Datuk Pawang Leon Riau

0 119

Lokasi Makam Datuk Pawang Leon

Makam Datuk Pawang Leon terletak di kawasan jalan lintas antara Kota Pakning dan Dumai. Atau sekitar 25 km dari pusat Kota Dumai, tepatnya di daerah Pelintung, Riau.

Makam Datuk Pawang Leon

 Sebuah plank terbuat dari besi yang sudah berkarat akan menyambut pengunjung yang pertama kali datang dan sampai di depan gapura. Di plank tersebut tertulis, Pemerintah Kota Dumai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, situs cagar budaya, makam Datuk Pawang Lion. Sedang dalam proses penelitian dan pengembangan. Dilindungi oleh Undang-Undang nomor 5 tahun 1992 pasal 4. Di plank tersebut juga dijelaskan siapa Datuk Pawang Leon dan asal usulnya. Untuk mengunjungi area ini, tidak dipungut bayaran alias gratis. Hanya saja memang terkesan kurang terawatt dan kurang memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Dengan ditetapkannya Makam Datuk Pawang Leon sebagai bagian dari peta wisata sejarah Kota Dumai, diharapkan kawasan ini bisa lebih ditata lebih baik.

Seperti diketahui, Datuk Pawang Leon merupakan seorang peneroka yang mampu membuka perkampungan baru di daerah Dumai pada masa Kerajaan Datuk Laksamana Raja Di Laut. Dikisahkan, Datuk Pawang Leon berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat. Sebelumnya ia merasa sedih saat saudaranya diangkat sebagai raja di Pagaruyung dan dirinya sesuai dengan garis keturunan dan adat istiadat setempat, tidak mendapat harta pusaka. Terbitlah keinginan untuk merantau, mencari kehidupan baru yang lebih layak.

Datuk Pawang Leon bersama keluarga dan para pengikut setianya berkelana hingga sampai ke daerah Kuala Sungai Mandau di Kerajaan Siak Sri Indrapura. Ia dan pengikutnya berniat membuka perkampungan baru di daerah tersebut, namun hal itu tidak diterima oleh masyarakat asli setempat. Datuk Pawang Leon melanjutkan perjalanan ke daerah Lubuk Muda, di sana pun ia mengalami hal yang serupa, ditolak niat baiknya oleh warga setempat. Sang Datuk tak berputus asa, ia pun melanjutkan perjalanannya ke daerah Bukit Batu, dengan niat yang sama untuk membuka perkampungan baru di daerah tersebut, namun lagi-lagi niat sang Datuk tidak terlaksana karena berbagai hal.

Source http://www.riaumagz.com/ http://www.riaumagz.com/2017/10/makam-datuk-pawang-leon-wisata-kota.html
Comments
Loading...