Makam Datuk Kulim Indragiri Hulu

0 26

Makam Datuk Kulim

Datuk Kulim merupakan salah seorang pembantu Sultan Hasan (Sultan Kerajaan Indragiri ke XVI). Pada Kerajaan Indragiri jabatan Beliau sebagai pembantu raja secara umum adalah sebagai penasehat raja khususnya pada bidang spiritual. Makam ini sekarang sudah dipenuhi oleh semak belukar. Pada bagian luar pagar juga terdapat beberapa buah makam yang diperkirakan sebagai makam kerabat dan keluarga Beliau. Sekarang areal sekeliling makam ini sudah ditanami sawit oleh masyarakat yang mulai intensif dilakukan pada tahun 2010. Makam ini berada di areal perkebunan sawit tidak jauh dari makam Sultan Hasan sekitar 300 m ke arah timur.

Makam ini pada saat ditemukan tertutup semak belukar. Makam ini berada pada sebuah pagar besi, selain makam datuk kulim juga terdapat sebuah makam di luar pagar namun tidak diketahui siapa tokoh yang dimakamkan. Makam Datuk Kulim tidak berjirat. Nisan makam berbentuk pipih, terbuat dari batu andesit berbentuk pipih dengan motif hias seperti nisan Sultan Hasan, namun ukuran nisan ini lebih kecil dari nisan Sultan Hasan. Nisan makam bermotif sulur-suluran dan pada bagian tengahnya gterdapat sebuah lingkaran. Ukuran nisan tinggi 52 cm, lebar 22 cm dan tebal 5 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Indragiri-Hulu-BPCB.pdf
Comments
Loading...