Makam Datu La cincing Sulawesi Selatan

0 89

Lokasi Makam Datu La cincing

Makam Datuk La cincing terletak di jalan Baso Dg. Ngerang lorong kubur Datu, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Pare-Pare Provinsi Sulawesi-Selatan.

Makam Datu La cincing

Makam Datu La cincing berbentuk kubah dengan denah dasar bangunan berbentuk segi empat dengan ukuran 6,50 x 5 m, atap berbentuk prisma pintu masuk hanya satu yakni pada sisi timur, sedangkan pada sisi lain masing-masing diberi jendela.Di dalam kubah hanya terdapat 1 buah makam terbuat dari kayu ulin dipenuhi ukiran hiasan kaligrafi dan dihiasi kain berwarna merah. Data yang diperoleh dari anggota polsus makam Datu Lacincing oleh Bapak Saparuddin bahwa dalam kompleks makam Datu Lacincing terdapat 169 makam, diantara makam tersebut terdapat 36 buah makam yang telah ditegel dan 4 buah makam yang telah diberi batu alam.

Kompleks Makam Datu La cincing berukuran kurang lebih 110 m2, yang terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk dengan batas-batas adalah sebelah timur rumah penduduk sebelah selatan jalan dan rumah penduduk sebelah barat jalan dan rumah penduduk sebelah utara rumah penduduk. Informasi yang diperoleh dari anggota polsus makam Datu La cincing, bahwa pemilik lokasi tersebut adalah Andi Manggabarani.


Semua makam yang berada dalam kompleks makam Datu La cincing masih dalam garis turunan Andi Manggabarani, informasi diperoleh pula dari salah satu warga masyarakat setempat oleh Bapak Iwan, tinggal di jalan Dg. Ngerang komp. Kuburan Datu mengatakan bahwa pemegang dokumen lokasi tersebut adalah Bau Seppe

Makam Andi Manggabarani, dari bentuk bangunan hampir sama dengan Bentuk bangunan makam Datu La cincing berbentuk kubah dengan denah dasar bangunan berbentuk segi empat dengan ukuran 6,50 x 26 m, atap berbentuk prisma pintu masuk pagar tembok sisi selatan kemudian masuk pintu makam sisi timur sedangkan sisi lain masing- masing diberi jendela.Di dalam kubah terdapat 4 buah makam yang sudah di tegel, dalam lingkup makam tersebut terdapat 21 buah makam dan diantara makam tersebut terdapat 14 makam yang telah di tegel.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/category/info-budaya/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/423/
Comments
Loading...