Makam Buyut Surongganti Lateng Banyuwangi

0 38

Makam Buyut Surongganti Lateng Banyuwangi

Pada masa penjajahan Belanda,tokoh yang paling dicari oleh penjajah VOC Belanda dikala itu. Belanda pernah Menyebarkan Photo2 Buyut Surongganti Kepada Khalayak Umum, untuk Menangkap beliau.

Buyut Surongganti itu merupakan tokoh fenomenal dan tersohor karena kesaktiannya.dan sanggat ditakuti Oleh Belanda. Kisah Buyut Surangganti telah tercantum di Babad Bayu sebagai Lurah Banglor. Mengenai kapan buyut Surongganti meninggal dunia tidak ada literatur yang menjelaskan tahun kematianya.

Tapi keturunannya masih ada dan menetap di Dusun Lateng Desa Gladag dan sekitaran makam. Makam buyut Surongganti Terletak di Dusun Lateng, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi,makam Beliau dikeramatkan oleh Warga sekitar. Pada makam buyut Surongganti ada tanaman pohon Kamboja yang Sangat Unik bagian rantingnya caruk (bertemu) dan menyatu. Setiap Suro dan menjelang Ramadan makam itu ramai dikunjungi warga para peziarah. Mereka itu tidak hanya warga dari daerah Kabupaten Banyuwangi, tapi juga banyak yang dari luar Kota.

Source https://banjoewangie.blogspot.com https://banjoewangie.blogspot.com/2016/06/makam-buyut-surongganti-lateng.html
Comments
Loading...