Makam Belanda (Henriette Souisa) Kep. Meranti

0 3

Makam Belanda (Henriette Souisa)

Sejarah tentang makam ini tidak ada yang diketahui secara pasti. Pada makam ini memlliki angka tahun 15 th september 1925. Angka tahun lnl merupakan umur darl orang yang dlmakamkan disinl serta tahun orang tersebut menlnggal. Dilihat dari ukuran maka sangat kecil, jadi diperkirakan orang yang menlggal dislni masih anak anak. Makam Belanda lnl terletak gang makam, Jalan Tuanku Umar. Desa Kelurahan Kota Selat Panjang, Kecamatan Ta bing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Dilihat dari tata letak makam, makam ini bukan merupakan makam Islam. Karena Makam ini memanjang ke arah Timur Barat, sedangkan makam Islam memanjang darl Utara Keselatan. Makam inl berundak undak terdiri darl lima undakan, atau bertingkat•tingkat, makin ke atas upak makam ini makin kecil. Makam ini terbuat dari bata yang dilapisi dengan semen berlepa, pada bagian luar dihaluskan. Pada bagian atas makam ditemukan tulisan berbahasa Belanda antara lain Hier Rust, Onze Geveling, Hendriette Souvisa, Geboten, Overleden 15 Th Sepetember 1925 RIP, Hare Ouder.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kepulauan-Meranti-BPCB.pdf
Comments
Loading...