Makam As Sayyid Jamaluddin

0 133

Makam As Sayyid Jamaluddin

Makam As Sayyid Jamaluddin Al Akbar Al Husain, cucu ke-19 nabi besar Muhammad SAW di Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tidak seperti kondisi makam lazimnya makam para wali dan sesepuh agama Islam lainnya yang ada di negeri ini.

Konon, As Sayyid Jamaluddin Al Akbar Al Husain adalah kakek kandung para Sunan yang ada di Jawa. Seperti Sunan Giri, Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati. Tidak seperti makam-makam orang yang dimuliakan lainnya, makam ini begitu sederhana.

Kondisi makam sudah dipagari, jalan setapak di lokasi makam dibuat dan pemasangan lampu penerangan. Dan sekarang ini, kondisi makam As Sayyid Jamaluddin Al Akbar Al Husain lebih bagus lagi. Ini setelah bangunan bekas kantor desa lama dipugar, makam langsung terlihat dari jalan poros. Dan lokasi bekas kantor ini akan jadi lokasi parkir pengunjung makam.

Makam ini sering dikunjungi oleh sesepuh dari berbagai daerah di tanah air. Seperti dari pesantren Tulungagung, pesantren Jombang. Tokoh dari mancanegara seperti sejarawan Cawangan Selangor Malaysia juga pernah datang. Bahkan Kyai Haji Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dua kali menyempatkan diri berziarah ke makam ini.

Gerbang Makam As Sayyid Jamaluddin Tungu Penetapan Sebagai Cagar Budaya. Beberapa masyarakat yang peduli, mendirikan rumah di sekitar lokasi makam untuk membantu pengunjung yang ingin bermalam. Karena banyak juga pengunjung yang menganggap lokasi ini sebagai tempat yang cocok untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah (Taqarruban Ilallah). Makam As Sayyid Jamaluddin Al Akbar Al Husain, termasuk mesjid tertua di Sulawesi.

Source https://fokusberita.id https://fokusberita.id/makam-as-sayyid-jamaluddin/
Comments
Loading...