Makam Ade Irma Suryani Jakarta

0 204

Lokasi Makam Ade Irma Suryani

Makam Ade Irma Suryani terletak di Jl Nipah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Makam Ade Irma Suryani

Kompleks Makam Ade Irma Suryani di pelataran belakang Kantor Walikota Jakarta Selatan yang tertata rapi dan cukup bersih, namun tak banyak diketahui orang. Melihat senyapnya kompleks makam Ade Irma, dengan gampang bisa ditebak tak banyak yang berkunjung ke sini.

Hal ini didukung dengan pecahan vas bunga di bagian depan pusara dan keringnya sebuah vas bunga lain di sisi depannya. Beberapa foto yang dipajang di Monumen Ade Irma sudah tampak lusuh dan memudar karena terpaan air hujan dan paparan panas matahari. Malah ada bagian yang tampak kosong, entah belum diiisi gambar atau ada yang mencopotnya.

Di sisi depan pusaranya sebuah tulisan yang mulai pudar terbaca dengan samar: “Anak saja jang tertjinta, engkau telah mendahului gugur sebagai perisai ajahmu”. Tulisan yang memudar pupus oleh waktu di depan pusara Ade Irma Suryani.

Tubuh Ade terkena terjangan 6 (enam) biji timah panas pasukan Cakrabirawa pada 30 September 1965 di depan kamar tidur utama rumah orang tuanya. Meski sempat mendapat perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, nyawanya tak tertolong; di hari keenam Ade berpulang ke Surga.

Pak Nas sendiri yang menjadi target Cakrabiwara oleh istrinya Johana, dibantu untuk kabur melalui pintu belakang. Ajudan Pak Nas yang juga tinggal di rumah itu, Kapt. Pierre Tendean ikut menjadi korban penculikan pada malam yang dikenal dengan Gerakan 30 September (G30/S).

Pelataran makam Ade Irma Suryani, nun di sana dalam kesendirian yang sunyi. Kompleks makam Ade Irma sebelumnya berada di Taman Pemakaman Umum (TPU) Blok P, Kebayoran Baru sebelum penggusuran kompleks TPU untuk pembangunan Kantor Walikota Jakarta Selatan pada 1998. Makam Ade Irma adalah satu-satunya makam yang sengaja dibiarkan di tempatnya, kemudian menjadi bagian dari kompleks Kantor Walikota Jakarta Selatan. Pada 2002, di kompleks makam Ade Irma dibangun sebuah monumen yang dilengkapi dengan beberapa dokumentasi pemakamannya. Potret diri Ade Irma Suryani yang memudar terkena paparan panas dan air hujan menghiasi bagian depan Monumen Ade Irma Suryani.

Ada pula dokumentasi foto Soeharto ketika berkunjung ke makam Ade Irma saat masih berada dalam Kompleks TPU Blok P, Jakarta Selatan. Tak adanya petunjuk ke lokasi ataupun informasi mengenai tempat ini, menjadikan makam Ade Irma tak banyak diketahui publik.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/makam-ade-irma-suryani/
Comments
Loading...